Kamis, 04 Agustus 2011

REGGAE DAN SASTRA : DIS POEM (MUTABARUKA)

REGGAE DAN SASTRA : DIS POEM (MUTABARUKA)

ADA YG BILANG BAHWA REGGAE ITU HANYA MUSIK, DAN MEREKA BILANG BAHWA TULISAN, SUARA2, TERIAKAN2, ORASI2, TENTANG FAKTA DAN KEBENARAN, BUKAN KARYA!!! MEREKA BILANG TONG KOSONG BERBUNYI NYARING KLO KITA TIDAK PUNYA BAND REGGAE, BIKIN LAGU DAN MANGGUNG APALAGI BIKIN KONSER BESAR KETIKA KITA BICARA SOAL REGGAE.
TULISAN, PUISI, SAJAK, PEMBACA SAJAK, ORATOR, MONOLOG, ITU BUKAN KARYA BERARTI BAGI MEREKA, BERARTI RENDRA, TAUFIK ISMAIL, CHAIRIL ANWAR, PRAMOEDYA ANANTA TOER, DAN BAHKAN OM HELMI YASKA (YANG MENULIS PANJANG SOAL BOB MARLEY DAN REGGAE). TAK PERNAH MENGHASILKAN KARYA KLO GITU ??? CKCKCKC. BAHKAN BOB MARLEY DIKENAL JUGA SEBAGAI PENULIS LIRIK YANG HEBAT DAN KUTIPAN-KUTIPAN DARI LIRIK-LAGUNYA ATAUPUN KATA-KATANYA BANYAK YANG MENJADI REFERENSI PARA SASTRAWAN. TAPI BIARLAH ITU HAK MEREKA, TIME WILL TELL SIAPA YANG TONG KOSONG DAN BUKAN.
PERNAHKAH MEREKA TAU TENTANG SEORANG "MUTABARUKA" YG MEMBACAKAN PUISINYA (DUB POET), INI BERARTI BUKAN "REGGAE MAN" YA?? HAHAHHA. LIHAT INI KAWAN, BAGAIMANA SEORANG PENYAIR BESAR DARI JAMAICA YG MEMBACAKAN PUISINYA, MENULISKAN KEPRIHATINANNYA TENTANG DUNIA DAN KEPEDULIANNYA TERHADAP KEMANUSIAAN. DAN BAHKAN MEMBACAKAN PUISINYA DENGAN IRINGAN ALUNAN MUSIK REGGAE DISETIAP ALBUM-ALBUMNYA, DAN BAHKAN MEMBUAT BUKU DAN BER-ORASI TENTANG KEPEDULIAN DAN PERJUANGAN UNTUK KEMANUSIAAN, DAN TAK PERNAH MENGAJARKAN SANTAI-SANTAI DI PANTAI LANDAI SAMBIL MANCAI MENANTI WAKTU MELANTAI. AKU MIRIS DGN BYKNYA ORG INDONESIA YANG NGAKU-NGAKU REGGAE TAPI TAK PERNAH MENGENAL APA ITU REGGAE.

DIS POEM (MUTABARUKA)

Dis poem
Shall speak of the wretched sea
That washed ships to these shores
Of mothers cryin for their young
Swallowed up by the sea
Dis poem shall say nothin new
Dis poem shall speak of time
Time unlimited time undefined
Dis poem shall call names
Names like lumumba kenyatta nkrumah
Hannibal akenaton malcolm garvey
Haile selassie
Dis poem is vexed about apartheid rascism fascism
The klu klux klan riots in brixton Atlanta, Jim jones
Dis poem is revoltin against 1st world, 2nd world,
3rd world division, man made decision
Dis poem is like all the rest
Dis poem will not be amongst great literary works
Will not be recited by poetry enthusiasts
Will not be quoted by politicians nor men of religion
Dis poem s knives guns bombs blood fire
Blazin for freedom
Yes dis poem is a drum
Ashanti mau mau ibo yoruba nyahbingi warriors
Uhuru uhuru', Uhuru namibia, Uhuru soweto, Uhuru afrika
Dis poem will not change things
Dis poem need to be changed
Dis poem is a rebirth of a people
Arizin, awaking, understandin
Dis poem speak is speakin have spoken
Dis poem shall continue even when poets have stopped writin
Dis poem shall survive you me it shall linger in history
In your mind, In time forever
Dis poem is time only time will tell
Dis poem is still not written
Dis poem has no poet
Dis poem is just a part of the story
His-story her-story our-story the story still untold
Dis poem is now ringin, talking, irritatin
Makin u want to stop it
But dis poem will not stop
Dis poem is long cannot be short
Dis poem cannot be tamed cannot be blamed
The story is still not told about dis poem
Dis poem is old, new
Dis poem was copied from the bible, your prayer book,
Playboy magazine, the New York times readers digest
The C.I.A. files, the K.G.B. files
Dis poem is no secret
Dis poem shall be called boring, stupid, senseless
Dis poem is watchin you tryin, to make sense from dis poem
Dis poem is fuckin up your brains,
Makin you want to stop listenin to dis poem
But u shall not stop listenin to dis poem
You need to know what will be said next in dis poem
Dis poem shall disappoint you
Because
Dis poem is to be continued in your mind in your mind
In your mind your mind
-------------------------

Mari kita simak dan kita telusuri apa yang di suarakan oleh MUTABARUKA dalam puisinya tersebut.

Dari bait pertama sebenernya puisi ini sudah menyatakan bahwa puisi ini akan mengatakan sesuatu, dari kalimat ini (dis poem shall speak). Lalu apa yg akan dikatakannya ?? tentang segala hal, kepedihan (mothers cryin for their young), Kebencian, Diskriminasi, (Dis poem is vexed about apartheid rascism fascism, The klu klux klan riots in brixton Atlanta), Eksploitasi dan Perlawanan (Dis poem is revoltin against 1st world, 2nd world, 3rd world division), Perjuangan (Dis poems knives guns bombs blood fire), Kebebasan (blazin for freedom), Teriakan (Yes dis poem is a drum), Keabadian (In time forever, Dis poem is time only time will tell), dan sekarang saatnya bersuara (Dis poem is now ringin, talking, irritatin), walaupun nilai dari suara-suara perjuangan tak akan menjadi suatu hal yang berarti bagi sebagian orang, apalagi menjadi besar dan di gemari (Dis poem will not be amongst great literary works, Will not be recited by poetry enthusiasts), bahkan akan ada yang berusaha untuk MEMBUNGKAM tapi perjuangan tak akan pernah berhenti (Makin you want to stop it, But dis poem will not stop ), masalah-masalah dunia ini bukanlah hal-hal yang lama atau baru atau (Dis poem is old, new), sudah menjadi digariskan dalam perjalanan panjang kehidupan manusia manusia, diambil dari segala sumber kitab suci, majalah, koran, file-file rahasia dari masa kemasa (Dis poem as copied from the bible, your prayer book, Playboy magazine, the New York times readers digest, The C.I.A. files, the K.G.B. files), dan apa yg disuarakan dan diperjuangankan akan di benci, juga membosankan, dan mungkin tidak masuk akal bagi sebagian orang, (Dis poem shall be called boring, stupid, senseless, Dis poem is watchin you tryin, to make sense from dis poem), tapi kita tak akan pernah berhenti mengalami segala masalah-masalah dunia ini, (But u shall not stop listenin to dis poem), karena semuanya akan kita hadapi didalam kehidupan kita kalau kita peduli dan kita harus melanjutkan puisi-puisi ini dalam pikiran kita (Dis poem is to be continued in your mind in your mind, In your mind your mind).

Intinya, Semua masalah yang ada didunia ini bukan lagi masalah baru, tapi sudah muncul begitu lama, karena sifat serakah manusia dan kebencian-kebencian manusia semakin menjadi-menjadi. Kita tidak akan pernah berhenti menghadapi masalah, itulah sebabnya kita harus berjuang terus menerus. Intinya Mutabaruka mengajak kita untuk selalu berfikir, peduli dan bertindak serta berjuang, tanpa kenal lelah dan tidak akan pernah berhenti. Selama kita punya kesadaran dan keinginan untuk memikirkan hal-hal yang baik, berjuang untuk kemanusiaan seperti para pahlwanan dan orang-orang yang berjuang bahkan rela mati demi kemanusiaan dan yang sudah memberikan inspirasi bagi kita untuk membebaskan pikiran kita demi terciptanya dunia yang layak sebagai tempat kita hidup dan juga untuk anak cucu kita nantinya Semuanya ada di depan mata, tapi pilihan, rasa peduli dan kebenaran itu ada didalam diri kita masing-masing.


"THE MYSTERY IS THERE YOU CAN SEE, THE TRUTH LIVES WITHIN YOU AND ME.” (MUTABARUKA).

Dis poem is to be continued in your mind in your mind, IN YOUR MIND....


BIG RESPECT TO U ALL, I RESPECT I ETERNAL / IRIE,. COOL RUNNIN'S MON.
SEMOGA TUHAN BESERTA KALIAN SEMUA, TERUS BERJUANG. AMIN.
BIG RESPECT.

Joe Roots Reggae, 22 Juli 2011.


Note :
  1. Silahkan lihat video Mutabaruka yg membacakan puisi ini di
    http://www.youtube.com/watch?v=Pn-f8PgLVjU
  2. Silahkan simak juga album-album “DUB POET” miliknya. Dub Poet adalah suatu bentuk kolaborasi antara sastra (contohnya puisi, sajak, dll) dengan musik reggae. Dub = Dub music reggae. POET = dari kata Poetry = Puisi. Sastrawan atau bisa juga musisi ini antara lain MUTABARUKA, YASUS AFARI, LEVI TAFARI, dll. silahkan kawan2 cari infonya atau video2 nya di youtube atau download aja album2 mereka, krn di indonesia mkn akan sgt sulit menemukan cd2 original mereka.
  3. Mkn para pecinta sastra atau para sastrawan akan mentertawakan aku atas apa yg aku tulis soal puisi ini. Tolong diberikan pelajaran buat aku ya soalnya masih buta soal sastra..hehhehe.
  4. Dan berikut ini adalah komentar dari brotha Ras muhamad, Vahdat anstani che dan semetonku IGOR AMTENAR REGGAELOMBOK tentang tulisan ini dan sgt berguna utk melengkapi tulisan ini. Copas koment dari wall grup Ras Muhamad - Duta Reggae Indonesia. 
    http://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=185107184886565&id=141801189080
    (utk dokument saja..hehhe)
Ras Muhamad - Duta Reggae Indonesia @joe roots reggae:dis poem Mutabaruka bukan sbuah karya baku & kaku... dis poem, sajak ini... adalah kau, aku, kita, sekarang, masa lalu, esok, rasa, suka, duka, cinta, perang, tindakan, pikiran... pikiran... pemikiran...
22 Juli jam 7:39 · Tidak SukaSuka · 1 orangAnda menyukai ini.
#
Ras Muhamad - Duta Reggae Indonesia @joe roots reggae : hehehe kalimat paling keren "dis poem has not yet been written" = ) Sajak ini belum ditulis atau diciptakan.
22 Juli jam 7:40 · Tidak SukaSuka · 1 orang
#
Joe Roots Reggae @Ras Muhamad - Duta Reggae Indonesia, yeah brotha, itulah intinya, bahkan belum diciptakan tapi sudah berbicara byk didepan mata dan dalam pikiran2 kita,,hehhe... mari kita lanjutkan sajak yg belum diciptakan ini kawan. "Dis poem is to be continued in your mind in your mind, In your mind your mind".
22 Juli jam 7:59 · SukaTidak Suka
#
Vahdat Astani Chee, Much respect for writing that note Joe Roots Reggae. Komen dan kesimpulan tentang Dis poem di notenya sangat tepat! Nice to know there are people that enjoys different forms of art. Dari komennya kayaknya bung Joe Roots Reggae juga ada menghasilkan karya - karya dub poet sendiri? Ada yang untuk di share?
23 Juli jam 9:24 · Tidak SukaSuka · 1 orang
#
Joe Roots Reggae
@vahdat Astani Chee, thx brotha, note itu ku tulis sbg ekspresi kegelisahan aku saja ttg reggae di negra ini, ya mainstream reggae yg dipahami oleh sebagaian besar pecinta bahkan para pelaku reggae di indo. Soal karya, hmmm aku msh belajar... brotha, belajaar dan trs belajar, aku hya suka berdiskusi dan menuliskan apa hasil diskusi dan pemikiran, serta kegelisahan yg aku alami. terserah sih di anggap sbg karya atau bukan, ada yg mendukung tapi byk juga yg membenci, bahkan berusaha utk membungkam suara2ku..hehhe. tp semoga memberi atmosfer berbeda aja pd dunia reggae indo, sperti yg brotha Ras Muhamad - Duta Reggae Indonesia lakukan utk reggae neg ini. Aku melihat hya sedkit skali yg memberika pelajaran dan pencerahan ttg apa itu reggae yg sebenarnya. bahkan super star reggae nya mkn cuma Ras Muhamad yg benar2 memberikan pencerahan ttg reggae yg sebenarnya. Big Respect to brotha Vahdat, dan Ras Muhamad. KEEP REBEL WITH TRUE LOVE AND MUSIC.
23 Juli jam 18:40 · SukaTidak Suka ·
#
Ras Muhamad - Duta Reggae Indonesia @joe roots reggae: respect brader... maju terus :) hehehe, tidak suka kata super star... maha bintang, bintang trkadang cahayanya mredup. hehe, sebatas Duta Reggae sj... Bless up !
24 Juli jam 23:15 · Tidak SukaSuka · 2 orangMemuat...
#
Joe Roots Reggae
Ras Muhamad - Duta Reggae Indonesia,, Irie bredden, I keep on movin on my road, co i know i'lll find something that i never lookin for, coz im walkin in Zion Way (joe roots reggae).
"Super star" ?,, aha, aku uda tau dirimu akan mengatakan tidak suka dgn kata itu brotha, krn seperti Bob Marley pernah bilang klo ga salah : " I live a long time before me see any money, but my work here is not to become a "star" or anything like that, and my life no go toward material vanity. I find my self doing this music t'ing and me have to do it. Really, I AM JUST A MAN OF THE HEART"
Nah seperti Bob Marley, dirimu dan aku dan segelintir yg lainnya hanya "Man Of the Heart", hehehe. tapi brader, "Tetaplah jadilah "Bintang" walaupun kecil, yang menyinari Gelapnya malam dunia reggae negara ini. Jgn pernah redup walaupun akhirnya reggae tak lagi gemerlap gegap gempita sprti skr." (mencoba sedkit ber lebay sastra..hehe..). BIG RESPECT kawan.Lihat Selengkapnya
Senin pukul 2:22 · SukaTidak Suka
#
Vahdat Astani Chee
Brother Joe Roots, setuju sepenuhnya dan mengerti sepenuhnya tentang kegelisahan tentang pemahaman pencinta reggae di indonesia. Dan teramat menyemangati untuk tahu ada orang-orang yang juga menyadari tentang hal ini. Tapi yang terlihat sekarang masyarakat pencinta musik indonesia sudah mulai bergerak dalam kepemahaman tentang reggae, yang juga saya setuju adalah karena Duta Reggae kita. Teruslah berkarya brother! walaupun dibungkam dan dipatahkan, perjuangan kaum yang memiliki keinginan dan kepercayaanlah yang akan mengubah system kita ini. Seorang sastrawan yang dibungkam berpuluh2 tahun pernah berkata "Suatu masyarakat paling primitif pun, tak pernah duduk di bangku sekolah, tak pernah melihat kitab dalam hidupnya, tak kenal baca-tulis, masih dapat mencintai sastra, walau sastra lisan" Saya kutip P.A.T sedikit biar terlihat agak2 terpelajar. Haha. Big up brethren! Berjuang!#
Bang 'Igor' Amtenar TUHAN berbicara kepada hambanya pada semua agama dengan sastra Joe....cobalah kamu telaah,,,,...maaf kalau aku salah...karena ini fikiranku saja... (koment igor dari catatan di fbku)
  
BIG RESPECT AND KEEP REBEL WITH TRUE LOVE, ART, WORDS AND MUSIC. ITS A REBEL, SOUL REBEL, ITS A REGGAE REBEL MUSIC.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar